Langsung ke konten utama

Tabiat dan Perbuatan Setan

Oleh : Drs. H. Risman Manin
Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, Maka Sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. 
(QS. An Nisa' : 119).

              Sebelum Nabi Adam AS diciptakan, Allah SWT telah menciptakan setan yang terbuat dari api, kemudian Allah SWT menciptakan Adam dari tanah.   Manusia adalah merupa-kan ciptaan  Allah SWT yang sangat sempurna, sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi: “Sesungguhnya Kami telah men-ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya”.(QS. At Tiin (95): 4).
Kesempurnaan manusia ini bukan hanya terletak dalam bentuk lahir saja, tapi juga kesempurnaan dalam batinnya, Allah menciptakan Malaikat dengan sifat ketaatannya kepada Allah, namun tidak diberikan hawa  nafsu.   Allah menciptakan hewan dengan mempunyai nafsu tapi tidak diberikan akal, tetapi manusia diciptakan Allah deng-an mempunyai  nafsu dan diberikan akal untuk mengimbanginya. Karena di dalam tubuh manusia terdapat nafsu dan akal sebagai wujud kesempurnaannya, maka berarti  pada manusia terdapat 2 potensi yakni potensi untuk berbuat baik yang dikendalikan oleh akal, dan potensi untuk berbuat jahat yang dikendalikan oleh nafsu.
Mengingat keberadaan manusia sebagai makhluk Allah  tidak disukai oleh setan, maka Setan akan terus berusaha untuk menggoda manusia agar mengikuti jejak dan ajarannya. Manusia yang diciptakan dengan kesempurnannya dengan mempunyai 2 potensi tersebut, maka Setan sudah bersumpah akan mempergunakan satu potensi yang ada pada manusia agar dapat mengikuti jejaknya yakni potensi  untuk berbuat jahat, hal ini disampaikan oleh Allah Swt dalam firmanNya: ”Saya benar benar akan mengambil dari hamba hamba Engkau bagian yang  sudah ditentukan untuk saya“.(QS. An Nisa’(4): 118). Artinya Setan sudah bertekad akan memanfaatkan potensi jahat yang ada pada manusia.

      Sumpah setan untuk menyesatkan manusia ini, di-bantah olah Allah SWT, seba-gaimana firmanNYa dalam Al Qur’an Surat An Nahl ayat 99 yang berbunyi: “Sesungguhnya Setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya”.(QS. An Nahl (16): 99), jadi Allah sudah membe-rikan janjiNya kepada umat manusia, bahwa  Setan yang sudah dilaknat itu tidak akan mempunyai kekuasaan sedikitpun terhadap manusia yang beriman dan taat kepada Allah  untuk menggodanya.

Setan yang memang sudah divonis untuk masuk neraka, dan kekal selama lamanya, akan selalu mencari temannya dengan berbagai cara antara lain :
-     Menimbulkan sifat sombong dalam diri manusia, karena sifat sombong itu adalah milik Allah sebagai khaliq yang maha kuasa. Manusia sebagai makhluk tidak boleh berlaku sombong, dan kesombongan Setan ini telah dibuktikannya ketika Allah memerintah-kannya untuk bersujud kepa-da Adam AS, maka Setan menolak sebagaimana dikatakan Allah dalam Surat Al A’raaf ayat 12 yang artinya: “ Allah berfirman, apa yang menghalangimu untuk bersu-jud kepada Adam diwaktu Aku menyuruhmu? Setan menjawab, Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api, sedang dia Engkau ciptakan dari tanah(QS.Al A’raf (7): 12). Ini satu bukti bahwa Setan itu merasa lebih tinggi derajatnya dari pada manusia. ia merasa lebih mulia karena tercipta dari api, sedangkan Adam dari tanah. Dari hal ini dapat kita ambil pelajaran bahwa manu-sia itu tidak boleh berlaku sombong, baik kepada sesama manusia apalagi sombong kepada Allah.

-     Setan akan membangkitkan atau memberikan angan-angan kepada manusia, sebagaimana, lih. (Q.S. An Nissa’ (4): 119 ), ini dibuktikannya saat Setan menggoda Nabi Adam AS di dalam surga, sebagaimana yang dikatakan setan tentang pohon keabadian karena  sebe-narnya Allah tidak mengi-nginkan Adam  tinggal kekal didalam surgaNya Allah, maka makanlah buah terlarang (khuldi) tersebut, hal ini suatu bukti bahwa setan telah memberikan angan angan yang panjang kepada manusia.
-     Setan selalu menyuruh manu-sia untuk berlaku boros dalam mempergunakan nikmat Allah yang telah diberikanNya kepada kita, bagi manusia yang boros, Allah mengatakan bahwa orang tersebut termasuk salah satu Saudara Setan sebagaimana dalam  (QS Al Isra’ (17): 27).
Masih banyak cara cara Setan untuk menggoda manusia, malah dikatakan oleh Allah dalam Al Qur’an  Surat Al A’raf ayat 17 yang artinya: ”Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka, belakang, dari kanan dari kiri “, dan dalam ayat berikutnya Allah telah mengancam kita bahwa Allah akan mencampakkan kita kedalam neraka jahanam bagi orang yang mengikuti setan. Untuk itu kita sebagai manusia yang beriman hendaklah harus selalu ingat kepada Allah setiap saat dengan cara berzikir, agar kita selalu berada dalam lindunganNya. Amien.

Wallahua’lam bi showab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meluruskan Arah Kiblat Tahun 2013

Pada tanggal 28 MEI 2013 jam 16:18 WIB dan 16 JULI 2013 jam 16:27 WIB.  Dimana posisi matahari tepat di atas ka'bah ??   Apakah arah kiblat masjid bisa berubah? Entah karena gempa bumi maupun bergeraknya lempeng Bumi seperti isu yang tengah berkembang? Jawabannya tentu TIDAK! Artinya pengukuran sebelumnya memang yang membuat arah kiblat masjid tersebut tidak tepat. Memang shalat tidak harus pas sekali arah kiblatnya, namun di era modern ini jika bisa pas dan tepat, bukankah lebih afdhol??? Dan jika melencengnya terlalu jauh, maka ini akan berpengaruh pada SAH TIDAKNYA SHALAT.... harap diingat bahwa salah satu syarat sah shalat ialah MENGHADAP KIBLAT.... Sekali lagi, jika hanya melenceng sedikit tidak apa, namun jika bisa tepat / mendekati mengapa tidak??? Dan jika melenceng jauh maka akan berpengaruh pada sah / tidaknya shalat . Jarak terpisah antara Ka’bah dan Indonesia berkisar pada kilometer 6000-an (Aceh) hingga 11.000-an (Papua) km. Jauhnya jara

Selayang Pandang Asy Syaakiriin

SEJARAH PERKEMBANGAN MASJID ASY-SYAAKIRIIN             Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa dalam menyusun rangkaian kejadian atau katakanlah menyusun sejarah perkembangan satu peristiwa, maka diperlukan adanya titik tolak guna mengawali penyusunan sejarah tersebut. Dalam hal ini maka penyusun sejarah perkembangan dari Masjid Asy-Syaakiriin inipun kita pakai suatu titik tolak yaitu dibukanya kaveling Pondok Bambu oleh Pemerintah DKI. untuk daerah pemukiman baru pada tahun 1972. Dengan demikian maka disusunlah sejarah perkembangan Masjid Asy-Syakiriin ini menurut sistematika sebagai berikut: Periode pemukiman pendudukdi Kapling Pondok Bambu. Periode Pembentukan Jamaah Islamiah di Kapling Pondok Bambu Periode Pendirian Musholla Asy-Syakiriin. A.  PERIODE PEMUKIMAN PENDUDUK DI KAPLING PONDOK BAMBU             Kalau kami mengatakan pemukiman, disini janganlah diartikan sebagaimana pemukiman suku terasing, akan tetapi pemukiman disini adalah pemindahan pendud

Free Download E-Book & Cerpen

Kumpulan koleksi pribadi yang dapat di download secara gratis : 75 Kisah-Kisah Getaran Jiwa dari RYI (554 KB)  Download Kisah-Kisah Abu Nawas dari RYI (251.03 KB)  Download Buku Membongkar Gurita Cikeas (357.01 KB)  Download Rekaman Percakapan Kajari Tilamuta Gorontalo (2.75 MB)  Download 73 Koleksi Cerpen Dalam Satu File (1.68 MB)  Download 208 Koleksi Cerpen Dalam Satu File (1.58 MB)  Download HaditsWeb 3.0 - Tool Hadits Lengkap Berbahasa Indonesia (4.69 MB)  Download FLV to MP3 Converter 1.2 (2.83 MB)  Download Winbox Utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik (34.5 KB)  Download PuTTY: A Free Telnet/SSH Client (372 KB)  Download Advanced IP Scanner v1.5 (307.28 KB)  Download MySQL-Front is a graphical GUI for the MySQL database (1.18 MB)  Download Edit Plus dan Cracknya (979 KB)  Download PHP Editor (965 KB)  Download 100 Koleksi Kumpulan Cerpen dalam 1 File  Download WinZip9.0 Full Ver. Plus KeyGen  Download WinRAR v.3.42 Plus Crack  Download Converte