Langsung ke konten utama

PROJECT PROPOSAL


Renovasi Gedung Yatim-Dhuafa


"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan Ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (Al Baqarah: 267)

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba': 39)



PENDAHULUAN

1.      SejarahSingkat
Di kapling Pondok Bambu, Duren Sawit, JakartaTimur tahun 1975 terbentuk Yayasan Pembina Da’wah Islam Asy-Syaakiriin yangbergerak dibidang Dakwah, Sosial dan Pendidikan. Sebagai Yayasan yang bergerakdibidang dakwah, sosial dan pendidikan, Yayasan ini melaksanakan kegiatan sosial,pendidikan dan keagamaan atas inisiatip warga sekitar yang bermukim di daerahini. Disamping  memiliki masjid, YayasanPembina Da’wah Islam Asy syaakiriin juga memiliki asrama untuk yatim piatu dangedung sekolah untuk pendidikan warga disekitar lingkungan masjid.
Kegiatan keagamaan dipusatkan dimasjid yang dilakukanhingga saat ini antara lain Pengajian Rutin Maghrib – Shubuh sepanjang tahun,Sholat Terawih Berjamaah, Sholat Idul Fitri dan Idul Adha, Biro Pengislamanmuallaf, Majlis Ta’lim, disamping itu juga penerimaan dan penyaluran zakat danqurban pada fakir miskin, yatim piatu dan mengelola anak asuh.
Selanjutnya kegiatan Sosial, selama ini dilaksanakanoleh P2IA (Persatuan Pengajian Ibu-Ibu Asy-Syaakiriin) sebagai underbow dariYayasan menjalankan beberapa kegiatan pendampingan dan pembinaan terhadapanak-anak yatim-dhuafa berjumlah sekitar 92 orang, ibu-ibu lansia dan dhuafayang berjumlah sekitar 121 orang diantaranya pengajian rutin untuk Ibulansia-dhuafa setiap hari jum’at, serta santunan kemanusiaan dan hari mingguuntuk pengajian anak yatim-dhuafa. Dari banyaknya jumlah anak yatim-dhuafa danibu dhuafa maka diperlukan sebuah tempat untuk melakukan segala aktifitaskegiatan tersebut. Maka sekitar tahun 200, Yayasan Pembina Da’wah IslamAsy-Syaakiriin membangun gedung berlantai 3 untuk kebutuhan yatim-dhuafatersebut. Dengan adanya gedung yatim dhuafa ini sangat diharapkan dapat menjadisarana mendidik, membina anak-anak yatim-dhuafa yang agamis dan mandiri. 
Dari bidang pendidikan, sekitar tahun 1984,mulai dibangun juga gedung Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang selesai danmulai aktif digunakan pada tahun 1985. Hingga sekarang khususnya untuk SDITmengalami peningkatan yang sangat signifikan dimana tahun ketahun mengalamipeningkatan dari jumlah siswa didiknya.
Kegiatan digedung yatim-dhuafa dan sekolah semakin meningkat maka diperlukan sarana yangmemadai terlebih untuk kegiatan belajar mengajar. Sekitar tahun 2007 kegiatanbelajar mengajar terlebih untuk SDIT mengalami kekurangan ruangan kelas, denganinisiatif Pengurus maka dengan memaksimalkan ruangan di gedung Yatim-Dhuafauntuk dijadikan ruang kelas.
Melihatkebutuhan akan pendidikan yang semakin terus meningkat, maka untuk mewujudkankebersamaan dengan prinsip mutualisme maka di gedung Yatim dhuafa direnovasidengan tujuan pemenuhan ruang lokal untuk SDIT dan tentunya fasilitas belajarYatim – dhuafa menjadi lebih baik.
2.      TujuanRenovasi Gedung
Tujuan direnovasinya gedung Yatim dhuafaadalah untuk pemenuhan kebutuhan antara pihak pengelola Yatim-Dhuafa dan pihak SDIT yang semakinmeningkat dan tentunya dengan harapan memberi fasilitas yang lebih baik. Sesuaidengan visi misi Yayasan yaitu memberi pelayanan terbaik kepada jamaah pondokbambu dan sekitarnya maka diperlukan renovasi tersebut dengan memanfaatkanfasilitas yang dimiliki oleh Yayasan.
Harapan dari adanya renovasi bangunan seluas603 mini akan tertutupisegala kebutuhan dari pihak pengelola Yatim-Dhuafa dan SDIT. Pihak pengelolaYatim-Dhuafa akan mendapatkan fasilitas gedung yang lebih baik dan lengkapsehingga proses belajar mengajar anak-anak Yatim-Dhuafa akan lebih optimal,sedangkan pihak SDIT akan tertutupi dari adanya kekurangan ruang kelas karenasemakin banyaknya siswa didik yang semakin bertambah dari tahun ke tahun.
Beberapa kegiatan pendampingan anakYatim-Dhufa yang dilakukan di gedung Yatim-Dhuafa sebagai berikut :
1.     TPA
2.     Bahasa Arab
3.     Tajwid / Baca Al Qur’an
4.     Pembinaan Akhlak
5.     Penyuluhan Kesehatan
6.     Pengajian rutin setiap hari minggu.
7.     Dll
Adapunperuntukan renovasi gedung Yatim-Dhuafa sebagai berikut :
1.     Lantai satu
-         Ruang Aula utama digunakan untuk pertemuan, pengajian dan penyuluhanyang bisa menampung sekitar 140 orang.
-         Dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi.
-         Fasilitas lemari bergantung tempat buku dan al-Qur’an.
2.     Lantai dua
-         Ruang kelas ber Ac sebanyak 3 ruang kelas dan 1 ruang Labkomputer/bahasa yang digunakan secara bergantian dengan siswa SDIT dananak-anak Yatim Dhuafa.
-         2 ruang guru serta kamar mandi.
3.     Lantai tiga
-         Ruang kelas sebanyak 1 ruang kelas digunakan secara bergantian dengansiswa SDIT dan anak-anak Yatim Dhuafa.
-         1 ruang perpustakaan.


SUMBER DANA

1.      RAB(terlampir)
2.     a. Bantuan dana Wakaf Tunai daripara wakif sesuai dengan keikhlasan masing-masing  wakif.
         b. Infak/ Sedekahlainnya.
         c.  Penjualan Kupon Sumbangan dengannilai nominal:
            - Rp. 20.000,-
            - Rp. 50.000,-
            - Rp. 100.000,-
         d. Modal awal (1.000.000,-)
3.      Penyaluran Dana Sumbangan
Para Wakifyang akan menyumbang dapat menyalurkan sumbangannya dengan cara mentransferdananya ke Panitia Renovasi Gedung Yatim Dhuafa Yayasan Pembina Da’wah IslamAsy-Syaakiriin Pondok Bambu ke nomor rekening :
-         BNI Syariah a.n. YPDI ASY-SYAAKIRIIN PONDOK BAMBU No. Rek. : 0154873413
-         BNI Syariah a.n. YPDI ASY-SYAAKIRIIN PONDOK BAMBU (ZAKAT) No. Rek. :0450450456
-         Bank Mandiri Syariah a.n YPDI ASY SYAAKIRIIN No. Rek. : 7036292576

4.      Contact Person
1.       TasnimSyafei (Bid. Dana dan Usaha) Hp. 0811893101
2.       MiftahurrohmanHp. 087832174830

5.      Sekretariat
YayasanPembina Da’wah Islam Asy Syaakiriin Pondok Bambu
Jl. GadingRaya Kav. Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur 13430
Tlp. (021)8600524 Fax. (021) 86612694 Email : masjidasyaakiriin@yahoo.co.id
Klik Blog : http://asysyaakiriin-pondokbambu.blogspot.com/




Lampiran

PanitiaPelaksana / Tim Renovasi Gedung Yatim – Dhuafa Asy Syaakiriin :

Ketua Penanggung Jawab             : H. Udin Saifuddin (Ketua Umum YPDIASPB)
Wakil Penanggung Jawab             : H. Edward Abdurrahman
Ketua Tim Renovasi                     :H. Muhammad Amir
Wakil Tim Renovasi                     :Denny
Pimpinan Proyek                         :H. Adin Salahuddin
Anggota                                     :Ir. Ismail Bawazir
:Ir. Nadim Ba’asir
: H.Herison Tama
Pendanaan                                     :Ir. H. Tasnim
Bendahara Proyek                           :H. Sudarwan
Sekretaris                                      :Miftahurrohman
Sie. Dana                                       :Udin Syamsudin
                                                      :Syawalli Ruskam
Sie. Pembanguan                             :Tanzil
                                                      :Jayadi
                                                      :Sulistiyono
                                                      :Jamudi


Lampiran
RAB

Lampiran
Foto-foto










Rincian RAB Pembangunan Gdg. Yatim hal. 1
Rincian RAB Pembangunan Gdg. Yatim hal. 2
Rincian RAB Pembangunan Gdg. Yatim hal. 3
Rincian RAB Pembangunan Gdg. Yatim hal. 4
Rincian RAB Pembangunan Gdg. Yatim hal. 5
Bangunan yang direnovasi untuk yatim dan SDIT. 1
Bangunan yang direnovasi untuk yatim dan SDIT. 2
Bangunan yang direnovasi untuk yatim dan SDIT. 3
Bangunan yang direnovasi untuk yatim dan SDIT. 4
Bangunan yang direnovasi untuk yatim dan SDIT. 5


Santunan Anak Yatim
Anak yatim-dhuafa binaan Asy Syaakiriin, mengikuti pengajian.
Santunan Anak Yatim
Santunan Anak Yatim
Murid SDIT terdiri dari anak yatim dan warga sekitar
Murid SDIT mengikuti pelajarn di kelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meluruskan Arah Kiblat Tahun 2013

Pada tanggal 28 MEI 2013 jam 16:18 WIB dan 16 JULI 2013 jam 16:27 WIB.  Dimana posisi matahari tepat di atas ka'bah ??   Apakah arah kiblat masjid bisa berubah? Entah karena gempa bumi maupun bergeraknya lempeng Bumi seperti isu yang tengah berkembang? Jawabannya tentu TIDAK! Artinya pengukuran sebelumnya memang yang membuat arah kiblat masjid tersebut tidak tepat. Memang shalat tidak harus pas sekali arah kiblatnya, namun di era modern ini jika bisa pas dan tepat, bukankah lebih afdhol??? Dan jika melencengnya terlalu jauh, maka ini akan berpengaruh pada SAH TIDAKNYA SHALAT.... harap diingat bahwa salah satu syarat sah shalat ialah MENGHADAP KIBLAT.... Sekali lagi, jika hanya melenceng sedikit tidak apa, namun jika bisa tepat / mendekati mengapa tidak??? Dan jika melenceng jauh maka akan berpengaruh pada sah / tidaknya shalat . Jarak terpisah antara Ka’bah dan Indonesia berkisar pada kilometer 6000-an (Aceh) hingga 11.000-an (Papua) km. Jauhnya jara

Selayang Pandang Asy Syaakiriin

SEJARAH PERKEMBANGAN MASJID ASY-SYAAKIRIIN             Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa dalam menyusun rangkaian kejadian atau katakanlah menyusun sejarah perkembangan satu peristiwa, maka diperlukan adanya titik tolak guna mengawali penyusunan sejarah tersebut. Dalam hal ini maka penyusun sejarah perkembangan dari Masjid Asy-Syaakiriin inipun kita pakai suatu titik tolak yaitu dibukanya kaveling Pondok Bambu oleh Pemerintah DKI. untuk daerah pemukiman baru pada tahun 1972. Dengan demikian maka disusunlah sejarah perkembangan Masjid Asy-Syakiriin ini menurut sistematika sebagai berikut: Periode pemukiman pendudukdi Kapling Pondok Bambu. Periode Pembentukan Jamaah Islamiah di Kapling Pondok Bambu Periode Pendirian Musholla Asy-Syakiriin. A.  PERIODE PEMUKIMAN PENDUDUK DI KAPLING PONDOK BAMBU             Kalau kami mengatakan pemukiman, disini janganlah diartikan sebagaimana pemukiman suku terasing, akan tetapi pemukiman disini adalah pemindahan pendud

Pamflet Peringatan Isra' Mi'raj 1433 H