Langsung ke konten utama

Buletin Asy Syaakiriin Edisi Jum'at, 048-03-V-XIII : Wafatnya Ustadz Jefri Al Buchori yang Fenomenal

Oleh : Udin Saifuddin


       Terhenyak hati kita mendengar dan mengetahui berita bahwa ustadz Jefri Al Buchori telah berpulang ke hadirat Allah SWT, secara mendadak akibat kecelakaan tunggal di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Peristiwa tersebut telah mengundang sebagian kaum muslimin di Jakarta, bahkan dipelo sok Tanah Air, karena beberapa hari sebelumnya Ustadz Jefri Al Buchori masih bertausiyah dibeberapa tem-pat dan tampil ditelevisi.
Baru kali ini, bahwa Masjid Istiqlal yang megah itu untuk men-sholatkan seseorang yang dihadiri oleh ribuan jamaah. Sampai hari keenam, masih banyak pelayat yang datang ke rumah duka dan kekuburan almarhum.
Komentar rekan-rekan ustadz sejawatnya antara lain bahwa Ustadz Jefri meninggal dalam kondisi dalam kondisi setelah bertaubat kepada Allah SWT, dan meninggalkan gemerlap dunia hiburan dan narkoba.
Kita telah kehilangan tokoh muda yang dengan tausiyah-tausi-yahnya diterima oleh seluruh kalangan baik tua maupun muda. Tausiah-tausiahnya telah membe-rikan pencerahan dikalangan artis dan generasi muda bahkan sampai model busananya pun menjadi trend busana muslim tua sampai muda.
Nampaknya kita merindukan tausiyah-tausiyah semacam itu di-para ustadz yang membawa keda-maian dan menyampaikan materi kemuliaan dinul Islam sebagai agama yang membimbing umat menuju kehidupan yang lebih baik dalam ridha Allah SWT. Bukan dakwah yang menonjolkan kekerasan-kekerasan, perbedaan-perbedaan fahamyang ekstrim yang membawa umat ke dalam perpecahan karena faham yang sempit, yang jauh dari nilai-nilai agama yang sebenarnya yaitu rahmatan lil alamiiin. Setiap generasi selalu menampilkan tokoh-tokohnya yang mewakili kondisi masyarakat pada zamannya. Kita berharap akan muncul Jefri-Jefri baru yang mewakili zamannya nanti.
Kematian, jika datang tak dapat ditangguhkan atau dimajukan walau sedetikpun. Allah SWT berfirman : 
“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.”
(QS. Ali Imran [3]: 145).

Menghindar dari kematian.

Tersebutlah seorang menteri pada era Nabi Dawud AS, bernama Jalil Al Qadri. Ketika Nabi Dawud meninggal, ia menjadi ia pun menjadi menter pada era Sulaiman bin Dawud. Di suatu pagi, Sulaiman mengadakan majlis bersama dengan menteri ini. Kemudian seorang laki-laki masuk member salam dan membisikkan sesuatu ketelinga Nabi Sulaiman AS. Lelaki ini memandang tajam kepada Jalil, sehingga ia ketakutan. Ketika lelaki itu keluar dari majlis, Jalil Al Qadri bertanya kepada Sulaiman, “ wahai Nabi Allah, siapakah lelaki yang baru saja keluar tadi ?, sungguh pandangan matanya membuat aku takut .” Nabi Sulaiman AS menjawab, “ia adalah malaikat maut yang menjelma menjadi manusia, ia mendatangiku.” Seketika gemetarlah sang menteri dan menangis. Kepada Sulaiman, ia berkata, “wahai Nabi Allah, demi Allah aku memohon kepadamu agar kau perintahkan angin bertiup membawaku ke tempat yang paling jauh, ke India.” Nabi Sulaiman memenuhinya. Sang menteri pun terbang tertiup angin. Keesokan harinya, malaikat maut datang kembali ke hadapan Nabi Sulaiman sebagaimana kemarin. Nabi Sulaiman AS berkata, “ kemarin kau telah membuat sahabatku gemetar, mengapa engkau memandanginya begitu tajam ?”. Malaikat itu berkata, “wahai Nabi Allah, aku mendata-ngimu di pagi hari. Aku terkejut mengetahui orang itu masih bersamamu disini, padahal Allah telah memerintahkanku mencabut nyawanya selepas zuhur di India.” Lalu apa yang kau lakukan ?, Tanya Sulaiman. “Aku pergi ketempat Allah perintahkan kepadaku untuk mencabut nyawanya disana, lalu aku mencabut nyawanya”, jawab malaikat itu.

“Katakanlah: "Sesungguhnya kema-tian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS. Al Jumuah [62]: 8).
Tak ada seorang pun yang tau kapan dan dimana kita dan bagaimana kita akan mati, Itu adalah rahasia Allah SWT. Oleh karena itu yang penting bukan masalah kematiannya, tapi adalah sejauh mana persiapan kita menghadapi kematian itu. Bekal adalah suatu persiapan, tanpa persiapan tentu akan kesulitan dalam mengarungi perjalanan yang panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, “Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah taqwa.” (QS. Al Baqarah [2]: 197).
Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ustadz Jefri Al Buchori, menerima iman islamnya, mengampuni semua dosa-dosanya dan menempatkan beliau ditempat yang mulia di sisi Allah SWT.”
Selamat jalan Ustadz Jefri Al Buchori.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meluruskan Arah Kiblat Tahun 2013

Pada tanggal 28 MEI 2013 jam 16:18 WIB dan 16 JULI 2013 jam 16:27 WIB.  Dimana posisi matahari tepat di atas ka'bah ??   Apakah arah kiblat masjid bisa berubah? Entah karena gempa bumi maupun bergeraknya lempeng Bumi seperti isu yang tengah berkembang? Jawabannya tentu TIDAK! Artinya pengukuran sebelumnya memang yang membuat arah kiblat masjid tersebut tidak tepat. Memang shalat tidak harus pas sekali arah kiblatnya, namun di era modern ini jika bisa pas dan tepat, bukankah lebih afdhol??? Dan jika melencengnya terlalu jauh, maka ini akan berpengaruh pada SAH TIDAKNYA SHALAT.... harap diingat bahwa salah satu syarat sah shalat ialah MENGHADAP KIBLAT.... Sekali lagi, jika hanya melenceng sedikit tidak apa, namun jika bisa tepat / mendekati mengapa tidak??? Dan jika melenceng jauh maka akan berpengaruh pada sah / tidaknya shalat . Jarak terpisah antara Ka’bah dan Indonesia berkisar pada kilometer 6000-an (Aceh) hingga 11.000-an (Papua) km. Jauhnya jara

Selayang Pandang Asy Syaakiriin

SEJARAH PERKEMBANGAN MASJID ASY-SYAAKIRIIN             Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa dalam menyusun rangkaian kejadian atau katakanlah menyusun sejarah perkembangan satu peristiwa, maka diperlukan adanya titik tolak guna mengawali penyusunan sejarah tersebut. Dalam hal ini maka penyusun sejarah perkembangan dari Masjid Asy-Syaakiriin inipun kita pakai suatu titik tolak yaitu dibukanya kaveling Pondok Bambu oleh Pemerintah DKI. untuk daerah pemukiman baru pada tahun 1972. Dengan demikian maka disusunlah sejarah perkembangan Masjid Asy-Syakiriin ini menurut sistematika sebagai berikut: Periode pemukiman pendudukdi Kapling Pondok Bambu. Periode Pembentukan Jamaah Islamiah di Kapling Pondok Bambu Periode Pendirian Musholla Asy-Syakiriin. A.  PERIODE PEMUKIMAN PENDUDUK DI KAPLING PONDOK BAMBU             Kalau kami mengatakan pemukiman, disini janganlah diartikan sebagaimana pemukiman suku terasing, akan tetapi pemukiman disini adalah pemindahan pendud

Free Download E-Book & Cerpen

Kumpulan koleksi pribadi yang dapat di download secara gratis : 75 Kisah-Kisah Getaran Jiwa dari RYI (554 KB)  Download Kisah-Kisah Abu Nawas dari RYI (251.03 KB)  Download Buku Membongkar Gurita Cikeas (357.01 KB)  Download Rekaman Percakapan Kajari Tilamuta Gorontalo (2.75 MB)  Download 73 Koleksi Cerpen Dalam Satu File (1.68 MB)  Download 208 Koleksi Cerpen Dalam Satu File (1.58 MB)  Download HaditsWeb 3.0 - Tool Hadits Lengkap Berbahasa Indonesia (4.69 MB)  Download FLV to MP3 Converter 1.2 (2.83 MB)  Download Winbox Utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik (34.5 KB)  Download PuTTY: A Free Telnet/SSH Client (372 KB)  Download Advanced IP Scanner v1.5 (307.28 KB)  Download MySQL-Front is a graphical GUI for the MySQL database (1.18 MB)  Download Edit Plus dan Cracknya (979 KB)  Download PHP Editor (965 KB)  Download 100 Koleksi Kumpulan Cerpen dalam 1 File  Download WinZip9.0 Full Ver. Plus KeyGen  Download WinRAR v.3.42 Plus Crack  Download Converte