Langsung ke konten utama

Pelayanan Jenazah Asy Syaakiriin

UPJ (Unit Pelayanan Jenazah)
Asy Syaakiriin Pondok Bambu

MOTTO
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. (QS. Al Baqarah: 156)

tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. Ali Imran: 185)

1. LATAR BELAKANG 

Islam menganjurkan ummatnya agar selalu ingat akan mati, Islam juga menganjurkan ummatnya untuk mengunjungi orang yang sedang sakit menghibur dan mendo’akannya. Apabila seseorang telah meninggal dunia, hendaklah seorang dari mahramnya yang paling dekat dan sama jenis kelaminnya melakukan kewajiban yang mesti dilakukan terhadap jenazah, yaitu memandikan, mengkafani, menyembahyangkan dan menguburkannya. Kematian memang musibah tak terelakkan dan tekadang secara tiba-tiba, adalah kewajiban kita yang masih hidup untuk mengurus jenazah dengan sebaik-baiknya berdasarkan Al-Quran dan sunah.
Untuk itu kami atas nama jamaah melalui Yayasan Pembina Da’wah Islam Asy Syaakirin Pondok Bambu, memberikan pelayanan khususnya untuk perawatan jenazah bagi jamaah pondok bambu dan sekitarnya.

2. TUJUAN
  • Siap memberikan pelayanan 24 jam kepada jamaah dan masyarakat umum Pondok Bambu dan sekitarnya dalam hal pengurusan /penyelenggaraan jenazah sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan sunah rasul
  • mengadakan pelatihan praktek dan teori "Tuntunan praktis mengurus jenazah muslim/muslimat"bagi masyarakat yang berminat dapat mengikutinya agar mampu menjadi penyelenggara(amil)

3. PENGURUSAN JENAZAH
Dilakukan oleh Tenaga / petugas yang sudah pengalaman dan terlatih dibidangnya masing-masing.

 4. FASILITAS-FASILTAS PENGURUSAN JENAZAH
  • Tim memandikan
  • Kain kafan (lengkap)
  • Papan dinding lahat
  • Papan nisan
  • Tempat memandikan
  • Keranda dengan tutupnya
  • Ambulance (untuk dalam & luar kota) 

5. PELAYANAN LAIN-LAIN 

a. Melayani pelayanan jenazah untuk daerah Pondok Bambu dan sekitar Jakarta Timur
b. Untuk jamaah Dhuafa binaan Asy Syaakiriin dapat mengajukan usulan keringanan biaya pengurusan jenazah.

6. INFORMASI
  • Ikuti juga pelatihan pengurusan jenazah sesuai dengan tuntunan Al qur’an dan sunnah di Masjid Jami’ Asy Syaakiriin Pondok Bambu. (jadwal menyusul). 
  •  Donasi bagi jamaah yang ingin berpartisipasi membantu menyediakan fasilitas perawatan jenazah silahkan dapat menguhubungi Kantor sekretariat via Ketua Bidang IV Usaha dan Dana (Bpk. H. Tasnim Syafe’i - Hp. 0811893101).

7. SEKRETARIAT
Yayasan Pembina Da’wah Islam Asy Syaakiriin Pondok Bambu
Jl. Gading Raya Kav. Pondok Bambu
Duren Sawt Jakarta Timur 13430
Telp. (021) 8600524
Mobile. 087885485377
Fax. (021) 86612694
Email : masjidasyaakiriin@yahoo.co.id




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pamflet Peringatan Isra' Mi'raj 1433 H

Murottal mp3 imam-imam timur tengah

Bagi yang ingin mendownload recitation Quran 30 juz dari imam-imam masjid timur tengah,saya sertakan beberapa syekh imam masjid di bawah ini.
Abdurrahmaan as sudays
Mishari raashid
Saad al ghamidi
Sudays&Shuraym
Hani arrifai
Sa'ud assuraym
Muhammad ayyub
Ibrahim aljibrin

Selayang Pandang Asy Syaakiriin

SEJARAH PERKEMBANGAN MASJID ASY-SYAAKIRIIN
            Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa dalam menyusun rangkaian kejadian atau katakanlah menyusun sejarah perkembangan satu peristiwa, maka diperlukan adanya titik tolak guna mengawali penyusunan sejarah tersebut. Dalam hal ini maka penyusun sejarah perkembangan dari Masjid Asy-Syaakiriin inipun kita pakai suatu titik tolak yaitu dibukanya kaveling Pondok Bambu oleh Pemerintah DKI. untuk daerah pemukiman baru pada tahun 1972. Dengan demikian maka disusunlah sejarah perkembangan Masjid Asy-Syakiriin ini menurut sistematika sebagai berikut: Periode pemukiman pendudukdi Kapling Pondok Bambu.Periode Pembentukan Jamaah Islamiah di Kapling Pondok BambuPeriode Pendirian Musholla Asy-Syakiriin.
A.  PERIODE PEMUKIMAN PENDUDUK DI KAPLING PONDOK BAMBU
            Kalau kami mengatakan pemukiman, disini janganlah diartikan sebagaimana pemukiman suku terasing, akan tetapi pemukiman disini adalah pemindahan penduduk yang tadinya sudah b…